Jika Fitur Windows Spotlight Windows 10 Tiba-Tiba Hilang

Jika Fitur Windows Spotlight Windows 10 Tiba-Tiba Hilang

Sebagai pengguna Windows 10, apakah anda tahu ada fitur Windows Spotlight Windows 10? Ini adalah fitur yang mana bila anda aktifkan akan menampilkan gambar homepage dari Bing yang terbaru sebagai gambar atau background lock screen pada laptop anda. Fitur Windows Spotlight bisa anda atur sedemikian rupa sehingga hanya menampilkan gambar dari kategori atau tema tertentu saja, jadi gambar yang ditampilkan tidak acak. Caranya adalah dengan memilih opsi “I want more” atau “Not a fan” pada lockscreen yang muncul.

                Kalau anda tidak suka dengan fitur Windows Spotlight, anda bisa menonaktifkan fitur ini pada bagian personalisasi di setting. Tapi kalau anda ingin mengaktifkannya, anda tinggal klik kanan di desktop anda, klik personalize atau personalisasi, klik bagian lock screen lalu klik Windows Spotlight di menu drop down. Tapi ada beberapa kasus dimana fitur Windows Spotlight tiba-tiba menghilang atau tidak aktif padahal anda tidak menonaktifkannya. Nah, apabila anda tidak bisa menemukan opsi Windows Spotlight di setting, anda bisa mencoba beberapa metode di bawah ini seperti yang dijelaskan pada Windows Spotlight Quiz.

                Metode pertama adalah dengan menggunakan build Windows 10 yang paling baru. Kalau anda belum mengupdate Windows 10 anda dengan Threshold 2 maka anda tidak akan memiliki fitur Windows Spotlight. Karena itu pastikan anda mengecek nomor build anda, setidaknya di atas 10586. Metode kedua adalah menghapus aplikasi atau fitur Windows Spotlight dari lockscreen. Pertama klik kanan di desktop, klik bagian personalize, lalu ke setting. Setelah itu klik lock screen dan di bagian “choose apps to show quick status”, klik aplikasi pertama dan pilih “none” untuk menghilangkan Windows Spotlight dari lock screen. Selanjutnya klik di aplikasi pada “choose an app to show detailed status”, pilih “none” dan hapus aplikasi tersebut dari lock screen. Tutup semua aplikasi yang berjalan, sign out dari perangkat anda lalu sign in kembali. Buka setting lock screen di bagian setting. Nantinya fitur Windows Spotlight akan tersedia kembali.