Segi Kelebihan Tali Nylon Multifilament di Bidang Industri

 

Tali nylon multifilament terbuat dari serat nylon dan kemudian melalui sejumlah proses yang dinamakan pemilinan. Kemudian hasil dari pilinan dari beberapa proses akan menjadi barang jadi berupa tali nylon yang bisa digunakan dalam berbagai bidang industri kecil hingga besar.

Sebagai gambaran, jenis tali ini sebenarnya awalnya dibuat untuk menggantikan serat sutra yang dinilai masih memiliki kekurangan. Karena bahan dari sutra, tentu saja tingkat kekuatannya masih belum bisa dimaksimalkan pada kalangan industri berat. Apalagi serat sutra juga pada masa itu juga mengalami penurunan produksi karena bahan mulai menipis dengan banyaknya permintaan konsumen.

Jenis tali berbahan serat nylon ini diperkenalkan oleh ahli kimia berbanama Wallace Hume Carothers di tahun 1935. Nama awalnya adalah miracle fiber yang memiliki kekuatan yang cukup meyakinkan meski nilai harganya yang sangat terjangkau atau ekonomis.

Kelebihan Tali Nylon Multifilament

Tali nylon multifilament dikenal sebagai salah satu jenis tali yangsangat kuat. Berbahan dasar serat nylon yang sudah terbukti kualitas dan kapasitasnya sebagai penopang beban besar. Dibawah ini adalah segi kelebihan jika memakai jenis tali tambang nylon di areal industri Anda.

Tingkatan Kekuatan Lebih Superior

Karena memiliki nilai breaking loadnya yang sangat tinggi pada permukaan, tali nilon dianggap sebagai salah satu tali yang sangat Superior kualitasnya. Memang cukup halus pada sisi permukaan, tali ini sangatlah kuat untuk menopang berat dalam skala besar dengan cakupan tertentu.

Tahan Dari Paparan Bahan Kimia dan UV

Saat terpapar sinar ultraviolet dalam jangka lama, serat nylon lebih kuat dan tidak mudah meleleh. Jika ada interaksi dengan beberapa bahan kimia cair maupun pengaruh udara, nylon juga dianggap sangat kuat. Jadi ini akan aman digunakan pada beberapa areal industri yang sering tidak sengaja terkena sejumlah bahan kimia.

Tahan Dari Abrasi

Pengunaan nylon dikawasan yang berisnggungan dengan air asin atau tawar bisa memiliki kemudahan. Dimana nylon dinilai sangat tahan dengan tingkatan abrasi yang cukup besar. Sehingga sebagian besar dermaga dan kapal barang memakainya sebagai alat tambat kapal terbaik selama ini.

Dan tali nylon multifilament dianggap sangat kuat dari gesekan. Mengingat tingkat elastisitas tali ini 40% dari kisaran ukurannya. Tidak mudah kaku dan bisa fleksibel dari sejumlah tekanan membuat tali ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda.